Perbedaan Sistem File Linux Dan Windows

Assalamualaikum Wr.Wb, Pada Postingan Kali ini saya akan berbagi tentang Perbedaan sistem file pada linux & windows.

Bagi yang belum tahu perbedaan sistem file linux dan windows langsung saja baca postingan dibawah ini 😀

Pada file sistem linux, perbedaan yang paling menonjol dari OS windows itu file sistemnya berupa Drive Letter (C:\, D:\, dst) lain halnya pada Linux, penamaan file atau folder yang memungkinkan untuk memiliki nama yang sama yang dibedakan oleh besar kecilnya huruf (Capital).

1. Directory structure
Salah satu perbedaan antara sistem file linux dan windows yaitu , Di dalam Linux sistem memiliki root directory (  / )dimana kita tidak akan menemukan folder seperti “Windows” atau “Program Files” yang terdapat di Windows, directory / memiliki berbagai sub-directory seperti /home untuk directory users, /lib untuk penempatan fle library dari sistem, /bindirectory tempat file biner atau file eksekusi, /directory tempat untuk file konfigurasi dan lain-lain.
Mungkin /home disini bisa dikatakan mirip dengan folder C:\User jika di dalam Windows.

2. Case-sensitive
Kalau di sistem operasi windows kita tidak boleh terdapat nama sile yang sama di dalam folder, tetapi di linux itu kebalikanya kita boleh memiliki file dengan nama yang sama tapi harus di bedakan dengan besar kecilnya huruf masing masing nama, contohnya ya :
folder dengan nama /home/rud/public berbeda dnegan/home/rud/public dimana ” publick ” disini memiliki awalan huruf ” p ” kecil sedangkan “public ” dengan “P” besar, dalam linux ini merupakan file yang berbeda.

3. Slash vs. Backslash

nah ada lagi perbedaan yang menonjol di sistem file kedua OS ini , yaitu slash dan backslash . Di Windows menggunakan slash “\” sedangkan Linux menggunakan backslash “/”,
seperti yang terlihat pada penamaan directory:
-Windows: C:\User\Name
-Linux: /home/name

4. Sistem file

Kalau di windows itu sistem filenya terdapat nama antara lain : FAT , NTFS ,dst tetapi beda halnya dengan linux , di linux itu ada nya : ext2,,ext3 , xfs, jfs dan lain sebagainya.

5. Partition

Satu lagi perbedaan yang saya baru tahu yaitu dalam windows partisi utama terdapat pada drive ” C ” sedangkan di linux partisi utamanya adalah root ( / )

Leave a comment